Rabu, 10 Agustus 2011
honda motor kuasai 51/4 persen dunia pemasaran
PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan membukukan penjualan hampir 2,46 juta selama tujuh bulan pertama tahun ini. Pencapaian ini mengantarkan Honda menguasai 51,4 persen pangsa pasar di pasar motor domestik.
Pertumbuhan ekonomi yang relatif stabil memberikan dampak positif terhadap industri kendaraan roda dua. Di pasar domestik, total penjualan sepeda motor tercatat mencapai 4,8 juta unit atau tumbuh sekitar 11,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Pada periode yang sama, penjualan motor Honda juga mengalami pertumbuhan yang positif dengan rata-rata penjualan per bulan sekitar 352.000 unit. Bahkan, jika dibandingkan dengan Januari-Juli tahun lalu, pertumbuhan penjualan Honda mencapai sekitar 23,1 persen atau jauh melampaui pertumbuhan pasar motor nasional.
Senior General Manager Sales Division AHM Sigit Kumala, Kamis 11 Agustus, mengatakan bahwa tingginya permintaan sepeda motor Honda dalam tujuh bulan pertama tahun ini, secara tidak langsung menggambarkan Honda semakin diterima konsumen. “Konsumen akan mengikuti kata hati dalam memilih merek,” ujarnya.
Dalam kurun tujuh bulan pertama tahun ini, penyumbang terbesar penjualan AHM adalah tipe skuter matik, yaitu 1.265.366 unit. Angka ini melonjak sekitar 55,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 815.829 unit. Dengan angka ini, Honda telah menguasai pasar skuter matik hingga 53,4 persen.
Honda BeAT dan Honda Vario Series menyumbangkan penjualan masing-masing 562.341 unit dan 493.006 unit. Kehadiran Honda PCX, Honda Scoopy, dan Honda Spacy semakin memperkuat lini skuter matik Honda. Penjualan Honda PCX selama Januari-Juli tercatat 1.111 unit, Honda Scoopy 136.239 unit, sedangkan Honda Spacy Helm-In yang baru diperkenalkan sekitar tiga bulan, penjualannya sudah mencapai 72.669 unit.
Di segmen bebek, dominasi Honda juga belum tergoyahkan. Selama tujuh bulan pertama tahun ini, tercatat 1.051.424 unit motor bebek Honda terjual di pasar domestik. Pencapaian ini mengantarkan Honda meraih 55.1 persen pangsa pasar di segemen bebek pasar motor domestik.
Honda Revo Series tercatat sebagai kontributor terbesar penjualan motor bebek Honda dengan angka penjualan sebanyak 537.950 unit. Sisanya disumbangkan oleh Supra X 125 dengan penjualan sebanyak 397.413 unit dan Honda Blade sebanyak 116.061 unit.
Di segmen sport, AHM membukukan penjualan 145.797 unit atau tumbuh 63,5 persen dibandingkan dengan Januari-Juli 2010 yang hanya 89.195 unit. Honda New MegaPro merupakan salah satu tulang punggung penjualan Honda di segmen ini.
Dua motor sport premium Honda juga mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat. Total Honda CBR Series saat ini sudah terjual sebanyak 4.814 unit dengan rincian Honda CBR250R sebanyak 4.647 unit dan Honda CBR150R sebanyak 167 unit. • VIVAnews
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar